Kamis, 03 Februari 2011

Tindik Bibir Bisa Sebabkan Masalah Serius pada Gigi

tindik bibir Apakah Anda memiliki tindik bibir? Saat ini ada banyak anak berusia muda yang ingin memiliki tindik pada bibir, meskipun pada kenyataannya ada begitu banyak bahaya dan risiko yang berhubungan dengan aktivitas  kontroversial ini. Infeksi, perdarahan, kerusakan saraf, berbagai trauma, kehilangan sensasi, dan peningkatkan pengeluaran air liur, rasa sakit, luka bakar, reaksi alergi, penyakit gusi dan banyak masalah lainnya. Para ilmuwan menemukan satu alasan untuk menghindari melakukan prosedur ini. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan dari Ohio State University di Columbus, orang dengan tindik bibir memiliki kecenderungan yang tinggi memiliki resesi gusi pada daerah gigi depan mereka.

Percobaan ini melibatkan 58 orang, 29 orang memiliki tindik bibir. Dokter menggunakan beberapa pendekatan untuk mengukur resesi gusi, dan ternyata bahwa mereka, yang tidak memiliki tindik bibir bagian bawah memiliki kemungkinan 33% untuk memiliki resei gusi pada gigi depan bawah mereka. Perkiraan lain menunjukkan bahwa semakin lama seseorang memiliki tindik bibir, kemungkinan lebih tinggi ia akan memiliki masalah dengan gigi depan bagian bawah. Misalnya, mereka yang telah memiliki tindik bibir selama 36 bulan memiliki kesempatan 80% lebih tinggi untuk terjadinya resesi gusi.

Tindik bibir adalah penyebab utama dari masalah ini. Karena tindik bibir menyentuh gigi depan bagian bawah, dan menyebabkan akara gigi terpapar dan meningkatkan sensitivitas gigi terhadap beberapa faktor lingkungan. Dr Dimitris N. Tatakis, yang melakukan penelitian ini mengemukakan : "Dasarnya adalah adanya trauma mekanis yang menekan gusi." Masalah ini menjadi cukup serius karena jumlah remaja yang menggunakan ini jumlahnya meningkat. Dr Tatakis mengatakan bahwa ini adalah jenis masalah gigi yang tidak dapat diselesaikan dengan prosedur perawatan gigi biasa seperti menyikat gigi dan flossing. Tidak ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, kecuali dengan menghilangkan kebiasaan tindik bibir.

1 komentar:

mozilla mengatakan...

cara efektif agar tidak infeksi

Posting Komentar

 
;